ARTIKEL


James Marshall Hendrix


hendrixLahir dengan nama Johnny Allen Hendrix; November 27, 1942 – September 18, 1970, adalah pemain gitar, penyanyi, dan penulis lagu paling legendaris dalam sejarah dunia musik. Aliran musik permainan gitar Jimmy cenderung ke arah blues, dan rock and roll.

Dia lahir pada tanggal 27 November 1942, di Seattle, Washington, Amerika Serikat dan diberi nama Johnny Allen Hendrix. Tidak seperti kebanyakan anak-anak pada umumnya, masa kecil Jimmy bisa dibilang sangat buruk. Ibunya meninggalkan Jimmy pada saat dia berusia 15 tahun.Ayahnya adalah mantan militer dan mempunyai watak sangat keras dalam mendidik Jimmy. Jimmy masuk ke jenjang militer karena mengikuti jejak ayahnya dan untuk mewujudkan impian ayahnya. Karena ingin masuk militer, begitu Jimmy tidak lulus dari SMA, dia langsung daftar dan masuk ke Airbone Division of the U.S. Army. Meskipun berada di lingkungan militer, ketertarikan jimmy pada dunia musik (khususnya gitar) tidak luntur bahkan semakin besar. Pada saat latihan Jimmy cedera yang akhirnya mengakibatkan dia harus keluar dari militer. Keputusan ini tidak membuatnya kecewa tetapi justru membuatnya senang, meskipun ayahnya sangat menentang keputusannya untuk meninggalkan army.

Setelah keluar dari angkatan darat ayahnya merubah namanya menjadi James Marshall Hendrix, untuk mengenang kakaknya Leon Marshall Hendrix yang sudah meninggal. Jimmy mempunyai dua saudara laki-laki yaitu Leon dan Yusuf, dan dua saudara perempuan yaitu Kathy dan Pamela.

Jimmy bersama teman satu angkatanya di angkatan darat, Billt Cox mencoba manggung dari satu klab ke klab lain di dekat Clarksville, Tennessee. Kemudian dia pergi ke New York dan mencoba berkarir disana dengan bermain gitar di beberapa klab,dan akhirnya ia bertemu dengan tokoh idolanya, Bob Dylan. Akhirnya bandnya "Jimmy James" dan "The blue Flames" mulai sering manggung dan sukses. Pada awal tahun 1966 saat Jimmy dan bandnya bermain di sebuah kafe yang bernama" Cheetah Club di West 21st Street" Londa Keith kekasih dari Keith Richards (pemain gitar dari Rolling Stones) mengamati permainannya.

Kemudian Linda Keith meminta Keith Ricard agar melihat penampilan Jimmy dan Richard pun tertarik dengan penampilan Jimmy.Jimmy langsung disodori kontrak kerja dan langsung ikut tur keliling eropa bersama dengan Richards.Penampilan Jimmy di Inggris dipuji-puji oleh Eric Clapton dan Pete Townshed (pemain gitari yang populer Inggris saat itu).

Selesai tur keliling Eropa, Jimmy mulai mencoba fokus di Amerika. Kemudian dia tampil di Monterey International Pop Festival, disana penampilannya berbeda dari yang sebelumnya dan sangat memukau penonton. Setelah tampil di Monterey, Jimmy menjadi ikon yang melegenda dan selalu tampil di festifal-festifal besar.

Jimmy meninggal tanggal 18 september 1970, meskipun telah meninggal, karya-karyanya selalu dikenang untuk selamanya